Langsung ke konten utama

Mengapa Mie Instan dapat Mempersingkat Hidup Anda

 

Mie instan

Mie instan

Ternyata mie instan, makanan murah yang digemari banyak anak kost dan para pecinta mie di mana pun berada, dikaitkan dengan serangan jantung dan diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Nutrition menemukan bahwa produk-produk mie instan dapat meningkatkan risiko sindrom kardiometabolik  - faktor risiko penyakit kardiovaskular dan stroke yang parah - khususnya bagi perempuan.

“Penelitian ini penting karena banyak orang yang mengonsumsi mie instan tanpa mengetahui kemungkinan risikonya terhadap kesehatan,” ungkap pemimpin peneliti Hyun Joon Shin, MD, dalam siaran pers. Shin, salah seorang pakar kardiologi di Baylor University Medical Center sekaligus mahasiswa doktoral nutrisi epidemologi di Harvard School of Public Health, tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar lebih lanjut. Untuk penelitian tersebut, peneliti melihat data dari 10.711 orang dewasa berusia antara 19 hingga 64 tahun, yang dikumpulkan melalui perwakilan nasional Korean National Health and Nutrition Examination Survey the 2007-2009. Mereka menemukan bahwa mengonsumsi mie instan  - ramen, lo mein, bihun, Thai, atau lainnya - dua kali atau lebih dalam sepekan berisiko terkena sindrom kardiometabolik, gabungan kelainan yang memengaruhi kardiovaskular, ginjal dan sistem metabolik tubuh.

Meski penyebab spesifik masalah itu belum jelas, Shin mencatat bahwa penyebabnya mungkin berasal dari fakta bahwa kebanyakan mie instan dikemas dalam styrofoam, yang mengandung bisphenol A (BPA), yang dikenal sebagai pengganggu hormon - yang juga menjadi alasan mengapa perempuan lebih terpengaruh dalam penelitian tersebut. Namun produk makanan itu juga mengandung banyak bahan-bahan yang tidak sehat, termasuk MSG dan pengawet kimia butylhydroquinone-tersier (TBHQ), serta kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Penelitian tersebut difokuskan pada orang-orang di Korea Selatan, karena negara tersebut, menurut Shin, memiliki jumlah konsumen mie instan tertinggi per kapita di dunia, dan karena dalam beberapa tahun terakhir masalah kesehatan di sana, termasuk penyakit jantung dan obesitas, kian meningkat. Namun penelitian itu tampaknya cukup relevan dengan konsumen di negara-negara lain yang memiliki tingkat penjualan mie instan tertinggi, menurut World Instant Noodles Association, yaitu Tiongkok, Indonesia, Jepang, Vietnam, India, dan Amerika Serikat.

Bukan untuk pertama kalinya mie instan menjadi hujatan publik. Pada 2012, tersebar video yang merekam bagian dalam saluran pencernaan, menunjukkan apa yang terjadi setelah mie ramen instan ditelan - dan itu tampak buruk. Perut harus bekerja keras, berjuang selama beberapa jam untuk mencerna mie yang mengandung TBHQ, yang dianggap sebagai biang keladinya. Beberapa tahun sebelumnya, pejabat kesehatan Malaysia mengeluarkan peringatan untuk tidak memakan mie instan karena mengandung bahan-bahan seperti pengental, penstabil, sodium dan pengawet yang kerap dikaitkan sebagai penyebab penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal.

Nissin Foods, produsen mie ramen instan pertama di Jepang pada 1958 (dan perusahaan yang membawa Top Ramen ke AS pada 1972), tidak menanggapi permintaan dari Yahoo Health untuk memberikan komentar. Intinya? Silakan saja konsumsi mie instan, tapi jangan berlebihan, karena dapat membahayakan kesehatan Anda. (kn/ml)

https://id.she.yahoo.com/mengapa-mie-instan-dapat-mempersingkat-hidup-anda-083358171.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Penemuan Besar yang Sengaja Dirahasiakan

  Matahari adalah pusat galaxy dan bumi bukanlah pusat tata surya! Dua statement dari Galileo ini sempat menjadi kontroversi pada zamannya karna pihak otoritas saat itu menganggap bahwa pernyataan tersebut adalah sesat. Kehidupan sang ilmuwan pun digerogoti dengan ketidak-tenangan akibat desakan dari pihak otoritas agar merubah pemahamannya agar sejalan dengan mereka. Kisah tersebut menjadi salah satu 'sejarah kelam dunia', dimana para ilmuwan yang notabenenya memiliki pengetahuan yang setidaknya lebih maju dan juga bersifat mempermudah kehidupan manusia 'pada umumnya' harus terbentur konspirasi dengan pihak otoritas yang secara samar - samar mencoba menutup mata kita semua terhadap semua hal tersebut. Kisah - kisah dibawah ini lebih pada menceritakan tentang para penemu - penemu yang tidak sempat terkenal, dimana memiliki mesin - mesin keren ciptakan mereka sendiri yang notabenenya bersifat untuk (lebih) menghemat umat manusia dalam mengkonsumsi bahan bakar

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Ponsel Nokia Termurah Cuma Rp 190 Ribuan

  Nokia telah meluncurkan ponsel untuk kalangan menengah ke bawah bernama Nokia 103. Perangkat ini diklaim NOKIA sendiri sebagai ponsel termurah saat ini dengan harga berkisar di angka 16 euro atau sekitar Rp 190 ribu. gambar Nokia 103 sendiri saat ini baru diumumkan keberadaannya untuk pasar Nigeria. Ya, dengan harga yang merakyat itu, jangan berharap dengan keberadaan fitur yang wah . Namun setidaknya bisa mengakomodir kebutuhan komunikasi si pengguna. Desain yang diusung Nokia 103 adalah candy bar alias ponsel batang. Ponsel ini memiliki lebar layar 1,36 inch dan display beresolusi 96×68 pixel. Perangkat dengan sistem operasti S30 ini bisa dioperasikan di jaringan frekuensi GSM 900 dan 1800. Meski sederhana, ia tetap dilengkapi fasilitas hiburan berupa FM radio, lampu senter dan fitur anti debu. Spesifikasi: Networks: GSM 900/1800 FM radio SMS with possibility to store up to 250 messages 3.5 mm audio jack and a 2.0 mm charger connector 800 mAh battery Series S30 operating system