Langsung ke konten utama

Ada Detergen Ramah Lingkungan dari Getah Pohon

TEMPO.CO, Malang - Lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, meneliti pemanfaatan getah taman biduri sebagai bahan baku utama detergen ramah lingkungan. Tanaman biduri merupakan sejenis tanaman semak liar yang tumbuh di lahan kering dan pantai.
Padahal, menurut ketua tim peneliti, Devy Setyana, ada zat di dalam getah biduri yang mampu menggantikan alkylbenzene sulfonate (ABS) dan linear alkylbenzene alkylsulfonate (LAS). "Kedua zat aktif surfaktan atau surface active agent pada produk pembersih detergen ini dianggap mencemari lingkungan, sampai menyebabkan kematian pada biota laut," kata Devy, Kamis, 14 Agustus 2014.
Tak hanya mematikan biota laut, Devy menjelaskan, kandungan ABS dan LAS pada detergen berdampak buruk bagi kesehatan manusia, karena menghasilkan residu yang masuk ke dalam tubuh dan bisa menimbulkan iritasi kulit. "Untuk itu, harus ada detergen alternatif yang ramah lingkungan," kata mahasiswa Jurusan Teknik Industri Pertanian angkatan 2010 ini.
Bersama Sugiyati Ningrum, Anggi Nurvianti, Nur Oktavia Suci, dan Muhammad Arham, dia meneliti kegunaan getah biduri dan mengolahnya menjadi detergen alami bernama "Bio-Nano Surf" sepanjang Februari-Juli 2014. Mereka dibimbing Endrika Widyastuti, dosen sekaligus Ketua Program Studi Bioteknologi FTP.
Devy mengatakan getah biduri bisa "diperas" dari semua bagian tanaman, yakni akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Namun, dalam penelitian mereka, getah dari pucuk batang yang paling bagus dimanfaatkan.
Getah biduri dipilih karena mengandung saponin dan enzim protease yang mampu bekerja sebagai detergen alami. Saponin adalah jenis glikosida yang dapat membentuk buih dalam air serta dapat mengangkat kotoran dan menurunkan tegangan air. Sedangkan protease merupakan enzim yang dapat merombak protein. Enzim ini dapat membantu saponin membersihkan noda karena kemampuannya memecah protein yang merupakan salah satu komponen utama kotoran pakaian.
Bio-Nano Surf sudah diuji untuk mencuci noda cokelat pada kain dengan perendaman selama lima menit dan pengucekan selama satu menit. Hasilnya, kata Arham, Bio-Nano Surf terbukti mampu menyamai kemampuan detergen komersial.
Dari pengujian toksisitas dan nilai baku mutu limbah detergen untuk menguji tingkat biodegradable (kemampuan terurai di alam), diketahui nilai baku mutu limbah detergen getah biduri lebih rendah dari batas maksimum ketetapan baku mutu limbah pada detergen komersial sehingga Bio-Nano Surf lebih aman bagi lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Penemuan Besar yang Sengaja Dirahasiakan

  Matahari adalah pusat galaxy dan bumi bukanlah pusat tata surya! Dua statement dari Galileo ini sempat menjadi kontroversi pada zamannya karna pihak otoritas saat itu menganggap bahwa pernyataan tersebut adalah sesat. Kehidupan sang ilmuwan pun digerogoti dengan ketidak-tenangan akibat desakan dari pihak otoritas agar merubah pemahamannya agar sejalan dengan mereka. Kisah tersebut menjadi salah satu 'sejarah kelam dunia', dimana para ilmuwan yang notabenenya memiliki pengetahuan yang setidaknya lebih maju dan juga bersifat mempermudah kehidupan manusia 'pada umumnya' harus terbentur konspirasi dengan pihak otoritas yang secara samar - samar mencoba menutup mata kita semua terhadap semua hal tersebut. Kisah - kisah dibawah ini lebih pada menceritakan tentang para penemu - penemu yang tidak sempat terkenal, dimana memiliki mesin - mesin keren ciptakan mereka sendiri yang notabenenya bersifat untuk (lebih) menghemat umat manusia dalam mengkonsumsi bahan bakar

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Ponsel Nokia Termurah Cuma Rp 190 Ribuan

  Nokia telah meluncurkan ponsel untuk kalangan menengah ke bawah bernama Nokia 103. Perangkat ini diklaim NOKIA sendiri sebagai ponsel termurah saat ini dengan harga berkisar di angka 16 euro atau sekitar Rp 190 ribu. gambar Nokia 103 sendiri saat ini baru diumumkan keberadaannya untuk pasar Nigeria. Ya, dengan harga yang merakyat itu, jangan berharap dengan keberadaan fitur yang wah . Namun setidaknya bisa mengakomodir kebutuhan komunikasi si pengguna. Desain yang diusung Nokia 103 adalah candy bar alias ponsel batang. Ponsel ini memiliki lebar layar 1,36 inch dan display beresolusi 96×68 pixel. Perangkat dengan sistem operasti S30 ini bisa dioperasikan di jaringan frekuensi GSM 900 dan 1800. Meski sederhana, ia tetap dilengkapi fasilitas hiburan berupa FM radio, lampu senter dan fitur anti debu. Spesifikasi: Networks: GSM 900/1800 FM radio SMS with possibility to store up to 250 messages 3.5 mm audio jack and a 2.0 mm charger connector 800 mAh battery Series S30 operating system