Langsung ke konten utama

Memutuskan Kapan Harus Berubah

 

TimetoChange

“Keputusan mengenai kapan perlu ada perubahan adalah sama pentingnya dengan pertanyaan apa saja yang seharusnya berubah dan seberapa banyak harus berubah”. 

 

Ada beberapa strategi mengenai kapan waktu harus berubah:

- Melakukan perubahan ketika semuanya berjalan lancar. Organisasi yang membuat pilihan ini adalah para pemimpin yang mengantisipasi tekanan di masa mendatang dan menjadikan perubahan sebagai hal dalam memandang ke depan dan sebagai persiapan diri. Perusahaan yang mengadopsi filosofi ini sangat percaya bahwa jika mereka tidak secara rutin mengubah diri mereka akan mendapatkan risiko penyakit berpuas diri dan mengalami stagnasi.

- Melakukan perubahan ketika hasil setengah-setengah. Perubahan ini dibuat ketika ada beberapa masalah tetapi tidak terlalu berbahaya. Situasi ini muncul karena manajemen merasa ada yang perlu diperhatikan, tetapi kebutuhan ini tidak mendesak. Misalnya, "Akan lebih baik untuk mengetahui mesin mana yang membutuhkan perawatan tepat waktu." atau "Jika saya tahu berapa banyak waktu set-up yang dibutuhkan untuk tiap-tiap produk, Saya akan bisa lebih baik mengatur jadwal produksi."

- Melakukan perubahan yang disebabkan oleh krisis yang serius. Sebagai contoh, beberapa perubahan yang perlu dilakukan untuk menghindari hilangnya keunggulan kompetitif, kehilangan pelanggan utama, atau untuk memenuhi persyaratan Dewan Standar Akuntansi Pemerintahan.

Memutuskan kapan harus berubah memerlukan keseimbangan tersendiri. Menunggu hingga krisis menuntut adanya perubahan seringkali lebih mahal. Menunggu hingga ada krisis mungkin menunjukkan masalah yang lebih mendasar dalam organisasi, seperti tidak perhatian terhadap suatu masalah dan keengganan untuk memperkenalkan suatu perubahan dalam menghadapi suatu situasi. Melakukan perubahan sebelum munculnya "masalah" atau "krisis" adalah hal yang sama sulitnya. Banyak orang memiliki sikap "Jika tidak rusak, maka tidak perlu untuk memperbaikinya!"

Menciptakan krisis buatan/tiruan (seolah-olah ada krisis) dalam jangka pendek, bila orang-orang melihat melalui strategi ini maka kepercayaan pada para pemimpin akan hilang karena ketidakjujuran para pemimpin. Memutuskan kapan harus berubah memerlukan sensitivitas yang baik terhadap waktu dan kepemimpinan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Penemuan Besar yang Sengaja Dirahasiakan

  Matahari adalah pusat galaxy dan bumi bukanlah pusat tata surya! Dua statement dari Galileo ini sempat menjadi kontroversi pada zamannya karna pihak otoritas saat itu menganggap bahwa pernyataan tersebut adalah sesat. Kehidupan sang ilmuwan pun digerogoti dengan ketidak-tenangan akibat desakan dari pihak otoritas agar merubah pemahamannya agar sejalan dengan mereka. Kisah tersebut menjadi salah satu 'sejarah kelam dunia', dimana para ilmuwan yang notabenenya memiliki pengetahuan yang setidaknya lebih maju dan juga bersifat mempermudah kehidupan manusia 'pada umumnya' harus terbentur konspirasi dengan pihak otoritas yang secara samar - samar mencoba menutup mata kita semua terhadap semua hal tersebut. Kisah - kisah dibawah ini lebih pada menceritakan tentang para penemu - penemu yang tidak sempat terkenal, dimana memiliki mesin - mesin keren ciptakan mereka sendiri yang notabenenya bersifat untuk (lebih) menghemat umat manusia dalam mengkonsumsi bahan bakar

Memilih jenis usaha yang tepat

  Memilih jenis usaha yang tepat adalah proses yang sulit bagi Anda yang baru mulai menjadi pengusaha. Banyak mimpi-mimpi ketika ingin memulai bisnis, namun tetap beku terutama karena Anda tidak tahu bisnis apa yang cocok ketika ide-ide itu muncul dalam benak Anda. Berikut ini sepuluh tips tentang memilih bisnis rumahan yang mungkin cocok untuk Anda. 1. Daripada memilih bisnis pertama yang terlintas dalam pikiran Anda, coba luangkan waktu untuk mengeksplorasi berbagai pilihan. Pilih ide bisnis lainnya! Bacalah buku yang mungkin akan memberikan ide bisnis rumahan atau bisnis kecil, dan artikel atau majalah wirausaha dan marketing yang lagi tren dan ada permintaan pasar. Dengan pertumbuhan fenomenal dari Internet, informasi yang Anda butuhkan sekarang gampang Anda cari. 2. Cari tahu apa saja jenis bisnis yang menarik bagi Anda. Tentukan tujuan Anda, minat, keinginan dan kemampuan. Yang penting adalah bahwa Anda harus menikmati bisnis Anda tersebut. Pengusaha yang berhasil adalah mereka