Langsung ke konten utama

Kematian Mendadak Pada Anak Muda

Kematian Mendadak Pada Anak Muda

Kematian mendadak pada seseorang, baik muda maupun tua sering sekali dikaitkan dengan serangan jantung. Cacat yang terjadi pada jantung atau kelainan jantung sering sekali diabaikan, dan ketika serangan tersebut menyerang dengan tiba-tiba barulah seseorang melakukan berbagai pencegahan dengan olahraga secara rutin dan menjaga asupan makanannya.

Di Amerika Serikat saja ada sekitar 250 ribu hingga 450 ribu orang terkena serangan jantung dan sebagian besar meninggal. Namun, kebanyakan dialami orang yang telah lanjut usia (tua). Walaupun demikian, tidak jarang juga hal ini terjadi pada anak muda.

Penyebab kematian mendadak pada anak muda sangat bervariasi. Banyak diantaranya yang dikarenakan penyakit jantung koroner. Selain itu, beberapa penyebab kematian akibat jantung pada anak muda meliputi beberapa hal, diantaranya:

• Hypertrophic cardiomyopthy (HCM). Ini adalah penyakit dimana kondisi otot jantung (miokardium) menjadi abnormal tebal, sehingga sulit bagi jantung untuk memompa darah. Kardiomiopati hipertrofik yang bersifat sementara biasanya tidak akan mengakibatkan hal yang fatal, namun pada beberapa orang bisa mengakibatkan kematian mendadak terutama pada orang di bawah 30 tahun. Selain itu, penyakit ini adalah jenis yang paling sering menyebabkan kematian mendadak pada atlet karena HCM sering tidak terdeteksi.

Baca selanjutnya di sini.

• Kelainan arteri koroner. Beberapa orang dilahirkan dengan arteri jantung yang tidak terhubung normal. Oleh karena arteri tidak normal, maka darah tidak dapat mengalir dengan lancar seperti seharusnya.

• Long QT syndrom (LQTS). Sindrom Long QT adalah gangguan irama jantung bawaan yang dapat menyebabkan jantung berdetak sangat cepat, sehingga denyut jantung akan kacau dan dapat membahayakan jiwa. Dalam beberapa kasus, irama jantung yang tidak beraturan (sangat cepat atau sangat lambat) dapat menyebabkan kematian mendadak. Pada beberapa anak muda sindrom Long QT dapat menyebabkan kematian mendadak.

Pada beberapa kasus, kematian mendadak pada anak muda sering tidak terdeteksi dan tanpa peringatan sebelumnya, namun dua gejala di bawah ini perlu Anda waspadai:

• Pingsan tanpa sebab. Pingsan secara tiba-tiba dan tanpa sebab biasa pertanda jika ada yang salah dengan jantung Anda. Selain itu, kejang juga dapat terjadi. Jadi waspadai jika hal ini terjadi pada Anda.

• Riwayat keluarga. Jika dalam keluarga Anda ada yang mempunyai riwayat kematian mendadak, ini bisa menjadi peringatan untuk Anda. Karena jika keluarga ada riwayat kematian mendadak maka risiko Anda terkena juga semakin besar. Ada baiknya bicarakan dengan dokter atau lakukan screening.

• Sesak nafas dan nyeri di dada. Gejala lain yang bisa menjadi pertanda kematian mendadak karena jantung adalah dada terasa nyeri atau sesak nafas. Namun, gejala yang ini jarang sekali terjadi pada anak muda, dan biasanya gejala ini hanya sebatas penyakit asma saja.

http://gayahidup.plasa.msn.com/kesehatan/sehat-dan-bugar/meetdoctor/kematian-mendadak-pada-anak-muda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Misteri Penemuan Besar yang Sengaja Dirahasiakan

  Matahari adalah pusat galaxy dan bumi bukanlah pusat tata surya! Dua statement dari Galileo ini sempat menjadi kontroversi pada zamannya karna pihak otoritas saat itu menganggap bahwa pernyataan tersebut adalah sesat. Kehidupan sang ilmuwan pun digerogoti dengan ketidak-tenangan akibat desakan dari pihak otoritas agar merubah pemahamannya agar sejalan dengan mereka. Kisah tersebut menjadi salah satu 'sejarah kelam dunia', dimana para ilmuwan yang notabenenya memiliki pengetahuan yang setidaknya lebih maju dan juga bersifat mempermudah kehidupan manusia 'pada umumnya' harus terbentur konspirasi dengan pihak otoritas yang secara samar - samar mencoba menutup mata kita semua terhadap semua hal tersebut. Kisah - kisah dibawah ini lebih pada menceritakan tentang para penemu - penemu yang tidak sempat terkenal, dimana memiliki mesin - mesin keren ciptakan mereka sendiri yang notabenenya bersifat untuk (lebih) menghemat umat manusia dalam mengkonsumsi bahan bakar