Langsung ke konten utama

Tips membuat Menu Sehat yang tetap Enak

 

Membuat Menu Sehat

Selama dekade terakhir, Kebiasan makan kita semakin mngkhawatirkan dan menjadi tidak sehat. Bagaimanapun juga, para pelanggan perlahan-lahan menjadi lebih sadar akan pentingnya nutrisi dan mencari menu sehat, terutama ketika makan di luar.

Ini merupakan kabar baik bagi industri jasa makanan karena jika Anda dapat menyediakan menu sehat yang enak, Anda akan mendapatkan keunggulan dari pesaing Anda. Memperbarui menu Anda dengan pilihan yang sehat memungkinkan Anda menjangkau khalayak yang lebih luas juga. Jika dilakukan dengan baik, menu baru anda akan menjaga tamu terus datang kembali.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi seberapa sehatkan menu anda? Setiap orang memiliki preferensi berbeda untuk makanan sehat, pahamilah pasaar anda sebelum merancang menu sehat.

Ada banyak cara untuk memberikan pilihan sehat yang bahkan mungkin tidak melibatkan pembenahan menu Anda. Pertimbangkan jenis minyak apa yang Anda gunakan - bisakah Anda beralih ke alternatif yang lebih sehat?Perubahan sederhana dalam metode persiapan Anda mungkin adalah semua yang Anda butuhkan untuk memulai.

Berikut adalah 5 bidang utama untuk fokus membantu Anda membuat menu sehat yang tetap enak

 

#1 Garam

Garam

Sebagian besar populasi global menggunakan terlalu banyak garam dalam makanan mereka. Meskipun garam sangat penting untuk kita dalam jumlah kecil, tetapi akan berbahaya jika berlebihan. Terlalu banyak garam dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membatasi asupan garam namun tetap memberikan rasa enak.

  • Untuk rasa yang lebih, coba gunakan herbal, rempah-rempah, perasan lemon atau beberapa tetes cuka. Hidangan Anda tidak hanya akan lebih sehat tetapi juga memiliki lapisan tambahan rasa yang kompleks.
  • Untuk rasa yang lebih, coba gunakan herbal, rempah-rempah, perasan lemon atau beberapa tetes cuka. Hidangan Anda tidak hanya akan lebih sehat tetapi juga memiliki lapisan tambahan rasa yang kompleks.
  • Gunakan kaldu - kaldu biasanya dibumbui dan mereka adalah cara yang baik untuk mengontrol kadar garam.
  •  
#2 Lemak

LemakPengunjung yang sadar akan berat badan selalu menghindari lemak? Lemak memiliki nilai kalori tertinggi dari semua komponen makanan tapi ada hal yang lebih penting dari itu. Beberapa lemak adalah buruk (lemak jenuh dan trans) dan ada pula yang sebenarnya baik untuk Anda (asam lemak mono dan tak jenuh ganda).

Buat lemak yang baik dalam menu Anda dan batasi yang buruk dengan saran berikut.

  • Ganti lemak jenuh dengan yang tak jenuh ketika memungkinkan - seperti mentega dengan minyak rapa.
  • Cobalah metode memasak berbeda dengan menggunakan sedikit lemak namun memberikan rasa yang sama.
  • Tawarkan kepada pengunjung pilihan menu rendah lemak dan ganti balutannya dengan yang berbasis minyak daripada yang berbasis krim.
 
#3 Gula

 

Gula

Ada dua tipe dasar gula - yang ditemukan secara alami pada buah-buahan dan susu (fruktosa dan laktosa) dan gula yang ditambahkan pada makanan (gula olahan). Upayakan untuk membatasi jumlah gula olahan yang Anda yang tambahkan ke setiap sajian. Caranya adalah dengan memenuhi keinginan pengunjung Anda dengan gula alami daripada gula olahan.

Berikut adalah beberapa cara untuk memberikan sedikit gula dalam menu Anda.

  •  
  • Batasi makanan manis yang Anda miliki dan tawarkan hidangan yang lebih berbasis buah (salad buah tropis atau jelly berry segar).

 

  • Tambahkan teh beraroma dan tambahan untuk berbagai minuman Anda, mereka kerapkali lezat tanpa membutuhkan tambahan gula atau pemanis.
 
#4 Kalori

KaloriKalori merupakan sumber energi penting bagi kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tubuh manusia dirancang untuk membakar jumlah energi yang sama dengan yang dikonsumsi. Kuncinya adalah untuk memberikan kalori dengan jumlah yang tepat untuk kebutuhan energi tamu anda.

Batasi kalori dalam masakan Anda dengan ide-ide berikut.

  • Gunakan cincangan yang tipis untuk membuat burger dan tutupi mereka dengan sedikit keju.
  • Tawarkan kepada tamu pilihan susu skim sebagai alternatif susu penuh lemak.
  • Gunakan teknik memasak yang tidak menambah kalori lebih banyak (misalnya panggang dan bakar).
  • • Hindari menggunakan terlalu banyak lemak saat menggoreng secara dalam atau dangkal.
 
#5 Buah dan Sayur

Buah dan Sayur Segar

Pada cara yang sama, makanan yang sehat adalah bervariasi dan seimbang dengan makan berbagai buah dan sayuran yang baik juga dianjurkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Cara yang baik untuk memastikan campuran yang sehat adalah dengan warna - lebih banyak buah berwarna dan sayuran yang Anda makan, semakin seimbang diet anda.

Ikuti tips berikut untuk memasukkan buah-buahan dan sayuran ke dalam menu Anda.

  • Perkenalkan makanan vegetarian pada menu Anda. Bukan hanya orang-orang vegan yang akan memesannya, pengunjung-pengunjung lain akan melihat mereka sebagai pilihan yang sehat juga.
  • Ganti kentang goreng Anda dengan salad buah dan gunakan ekstra sayuran daripada zat tepung.
  • Menambahkan sayuran dapat memperkaya tekstur dan rasa makanan yang ada.

http://www.unileverfoodsolutions.co.id/layanankami/menu-anda/makanan-sehat-dan-tetap-lezat/tips-membuat-menu-sehat-yang-tetap-enak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Misteri Penemuan Besar yang Sengaja Dirahasiakan

  Matahari adalah pusat galaxy dan bumi bukanlah pusat tata surya! Dua statement dari Galileo ini sempat menjadi kontroversi pada zamannya karna pihak otoritas saat itu menganggap bahwa pernyataan tersebut adalah sesat. Kehidupan sang ilmuwan pun digerogoti dengan ketidak-tenangan akibat desakan dari pihak otoritas agar merubah pemahamannya agar sejalan dengan mereka. Kisah tersebut menjadi salah satu 'sejarah kelam dunia', dimana para ilmuwan yang notabenenya memiliki pengetahuan yang setidaknya lebih maju dan juga bersifat mempermudah kehidupan manusia 'pada umumnya' harus terbentur konspirasi dengan pihak otoritas yang secara samar - samar mencoba menutup mata kita semua terhadap semua hal tersebut. Kisah - kisah dibawah ini lebih pada menceritakan tentang para penemu - penemu yang tidak sempat terkenal, dimana memiliki mesin - mesin keren ciptakan mereka sendiri yang notabenenya bersifat untuk (lebih) menghemat umat manusia dalam mengkonsumsi bahan bakar