Langsung ke konten utama

Anjing Mengenali Spesiesnya Sendiri di Antara Gambar-gambar Spesies Lain di Layar Komputer

 

Sabtu, 16 Februari 2013 - Anjing-anjing itu mampu membentuk kategori visual wajah anjing, bahkan termasuk gambar kelompok anjing yang sangat berbeda.


Anjing mampu memilih wajah-wajah anjing lain di antara wajah-wajah manusia, hewan domestik dan hewan liar lainnya, serta dapat mengelompokkan wajah-wajah tersebut ke dalam kategori tersendiri, terlepas dari apa pun ras anjing yang ditunjukkan. Yang mengejutkan, anjing melakukan hal tersebut hanya dengan menggunakan isyarat visual.

Inilah hasil temuan studi terbaru yang dilakukan Dr. Dominique Autier-Derian bersama para koleganya. Studi ini menjadi yang pertama dalam menguji kemampuan anjing untuk membedakan antar spesies dan membentuk kategori “anjing” terlepas dari besarnya variabilitas dalam spesies anjing, serta dipublikasikan secara online dalam jurnal Springer, Animal Cognition.

Beberapa individu dari spesies yang sama berkumpul dalam satu habitat untuk kehidupan sosial. Proses berkumpul ini menuntut pengakuan kesetaraan antar individu, baik dalam hal kesamaan spesies maupun kelayakan dalam kelompok tertentu. Penelitian hingga saat ini menunjukkan bahwa pada beberapa spesies, individu-individunya bisa saling mengenal dengan lebih mudah, atau lebih tertarik pada gambar individu dari spesies yang sama dibanding gambar individu dari spesies lain.

Peralatan. a,b Anjing duduk di depan pengamat, tepat pada satu garis di antara 2 layar. c Saat mendengar perintah, anjing menentukan pilihannya dengan menghampiri layar tertentu dan menempatkan kakinya di depan gambar yang ia pilih. (Kredit: Springer Science+Business Media)

Autier-Derian beserta timnya menyelidiki fenomena ini di antara anjing domestik, hewan yang diketahui memiliki keragaman morfologis terbesar di antara semua spesies hewan. Tim riset meneliti apakah besarnya keragaman morfologi ini menghadirkan tantangan kognitif bagi anjing dalam mencoba mengenali spesies mereka sendiri saat dihadapkan pula pada spesies lainnya, dengan hanya menggunakan isyarat visual.

Pada sembilan ekor anjing, para peneliti memperlihatkan beberapa gambar wajah anjing domestik dari berbagai ras dan lintas-keturunan melalui layar komputer, lalu secara simultan disertai dengan wajah spesies-spesies hewan lainnya, termasuk manusia. Sembilan ekor anjing ini dihadapkan pada stimulus yang beragam, berupa gambar-gambar wajah anjing, wajah dari 40 spesies selain anjing, meliputi hewan domestik maupun liar, serta gambar-gambar wajah manusia.

Secara keseluruhan, anjing-anjing ini diharapkan untuk memilih lebih dari 144 pasang gambar pada layar komputer. Selama proses berlangsung, para peneliti mengamati apakah kesembilan ekor anjing ini bisa membedakan semua spesies anjing dengan spesies lainnya, dan bisa mengelompokkan semua anjing tersebut, apa pun rasnya, ke dalam satu kategori.

Hasil percobaan menunjukkan seperti yang diharapkan; anjing-anjing itu mampu membentuk kategori visual wajah anjing, bahkan termasuk gambar kelompok anjing yang sangat berbeda, lalu mengumpulkannya ke dalam satu kategori sekalipun terdapat begitu banyak keragaman ras anjing yang harus dipilih.

Sembilan ekor anjing yang dilibatkan dalam studi – tujuh ekor ras murni dan tiga ekor ras campuran. Kesemua anjing ini adalah peliharaan tim riset.(Kredit: Springer Science+Business Media)

Dari fenomena yang ditemukan, para peneliti menyimpulkan: “Fakta bahwa

 

anjing mampu mengenali spesiesnya sendiri secara visual, dan bahwa mereka memiliki kapasitas diskriminatif penciuman yang hebat, memastikan bahwa perilaku sosial dan perkawinan antar ras yang berbeda masih berpotensi dilakukan. Meskipun manusia telah memperlebar spesies keluarga Canis ke dalam batas-batas morfologisnya, namun entitas biologisnya masih tetap terlestarikan.”

http://www.faktailmiah.com/2013/02/16/anjing-mengenali-spesiesnya-sendiri-di-antara-gambar-gambar-spesies-lain-di-layar-komputer.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Penemuan Besar yang Sengaja Dirahasiakan

  Matahari adalah pusat galaxy dan bumi bukanlah pusat tata surya! Dua statement dari Galileo ini sempat menjadi kontroversi pada zamannya karna pihak otoritas saat itu menganggap bahwa pernyataan tersebut adalah sesat. Kehidupan sang ilmuwan pun digerogoti dengan ketidak-tenangan akibat desakan dari pihak otoritas agar merubah pemahamannya agar sejalan dengan mereka. Kisah tersebut menjadi salah satu 'sejarah kelam dunia', dimana para ilmuwan yang notabenenya memiliki pengetahuan yang setidaknya lebih maju dan juga bersifat mempermudah kehidupan manusia 'pada umumnya' harus terbentur konspirasi dengan pihak otoritas yang secara samar - samar mencoba menutup mata kita semua terhadap semua hal tersebut. Kisah - kisah dibawah ini lebih pada menceritakan tentang para penemu - penemu yang tidak sempat terkenal, dimana memiliki mesin - mesin keren ciptakan mereka sendiri yang notabenenya bersifat untuk (lebih) menghemat umat manusia dalam mengkonsumsi bahan bakar

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Ponsel Nokia Termurah Cuma Rp 190 Ribuan

  Nokia telah meluncurkan ponsel untuk kalangan menengah ke bawah bernama Nokia 103. Perangkat ini diklaim NOKIA sendiri sebagai ponsel termurah saat ini dengan harga berkisar di angka 16 euro atau sekitar Rp 190 ribu. gambar Nokia 103 sendiri saat ini baru diumumkan keberadaannya untuk pasar Nigeria. Ya, dengan harga yang merakyat itu, jangan berharap dengan keberadaan fitur yang wah . Namun setidaknya bisa mengakomodir kebutuhan komunikasi si pengguna. Desain yang diusung Nokia 103 adalah candy bar alias ponsel batang. Ponsel ini memiliki lebar layar 1,36 inch dan display beresolusi 96×68 pixel. Perangkat dengan sistem operasti S30 ini bisa dioperasikan di jaringan frekuensi GSM 900 dan 1800. Meski sederhana, ia tetap dilengkapi fasilitas hiburan berupa FM radio, lampu senter dan fitur anti debu. Spesifikasi: Networks: GSM 900/1800 FM radio SMS with possibility to store up to 250 messages 3.5 mm audio jack and a 2.0 mm charger connector 800 mAh battery Series S30 operating system