Langsung ke konten utama

Asteroid Tambang Paling Menguntungkan Bagi Manusia

 

Para astronomi berpendapat asteroid bisa di jadikan ladang uang yang bernilai ekonomis. Penambangan asteroid dipandang sebagai salah satu cara memenuhi kebutuhan manusia akan beberapa jenis hasil tambang.

Namun, asteroid apakah yang paling mungkin ditambang? Mana yang bisa memberi keuntungan paling besar?

Planetary Resources yang memproklamirkan diri sebagai perusahaan pertambangan asteroid membuat daftar nama asteroid yang dianggap paling menjanjikan. 

Daftar nama asteroid yang dipandang menguntungkan dimuat dalam website Asterank.

Berdasarkan data Asterank, asteroid 253 Mathilde dianggap sebagai asteroid yang paling menguntungkan dan paling bernilai. Asteroid ini memiliki nilai 100 triliun dollar AS dan menjanjikan profit 9,53 juta dollar AS. 

253 Mathilde adalah asteroid tipe C dan memiliki diameter sekitar 52,8 kilometer.

Asteroid 2000 BM19 yang memiliki lebar kurang dari 1 km dianggap sebagai asteroid dengan ongkos tambang paling efektif. Nilai asteroid ini sebesar 18,50 triliun dollar AS, menjanjikan profit 3,55 triliun dollar AS.

Sementara itu, asteroid 2009 WY7 dinobatkan sebagai asteroid paling mudah diakses. 

Untuk dapat menentukan asteroid yang paling menguntungkan, Asterank melihat data ekonomis dan karakter dari setiap asteroid. data diolah oleh Ian Webster, software engineer di San Fransisco.

Webster mengungkapkan, hasil olahan datanya masih berupa perkiraan kasar, belum akurat.

"Tujuan utama website ini adalah lebih untuk mendidik dan menginspirasi daripada menyajikan data yang akurat, yang saat ini tidak mungkin," kata Webster seperti dikutip Physorg, Kamis (17/5/2012).

Walau belum tentu akurat, Asterank menyuguhkan sebuah potensi untuk menambang benda-benda luar angkasa.

Sumber : kompas di salin sesuai aslinya

http://berita-iptek.blogspot.com/2012/05/asteroid-tambang-paling-menguntungkan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Ponsel Nokia Termurah Cuma Rp 190 Ribuan

  Nokia telah meluncurkan ponsel untuk kalangan menengah ke bawah bernama Nokia 103. Perangkat ini diklaim NOKIA sendiri sebagai ponsel termurah saat ini dengan harga berkisar di angka 16 euro atau sekitar Rp 190 ribu. gambar Nokia 103 sendiri saat ini baru diumumkan keberadaannya untuk pasar Nigeria. Ya, dengan harga yang merakyat itu, jangan berharap dengan keberadaan fitur yang wah . Namun setidaknya bisa mengakomodir kebutuhan komunikasi si pengguna. Desain yang diusung Nokia 103 adalah candy bar alias ponsel batang. Ponsel ini memiliki lebar layar 1,36 inch dan display beresolusi 96×68 pixel. Perangkat dengan sistem operasti S30 ini bisa dioperasikan di jaringan frekuensi GSM 900 dan 1800. Meski sederhana, ia tetap dilengkapi fasilitas hiburan berupa FM radio, lampu senter dan fitur anti debu. Spesifikasi: Networks: GSM 900/1800 FM radio SMS with possibility to store up to 250 messages 3.5 mm audio jack and a 2.0 mm charger connector 800 mAh battery Series S30 operating system