Langsung ke konten utama

Ponsel pintar jadi otak satelit-nano Inggris

 

Penampilan satelit STRaND yang berisi Google Nexus One di dalamnya. Satelit itu akan mengorbit searah rotasi bumi. (Surrey Satellite Technology)

Jakarta (ANTARA News) - Sekelompok peneliti dari Surrey Space Centre (SSC) dan Surrey Sattelite Technology (SST) University of Surrey akan meluncurkan satelit nano dengan ponsel Google Nexus One sebagai otaknya.


Dalam situs resmi SST, satelit bernama STRaND-1 itu akan diluncurkan pada 25 Februari dari Satish Dhawan Space Centre Sriharikota India dengan misi yang antara lain uji coba komponen ponsel pintar di lingkungan luar angkasa."Kami tidak memodifikasi Nexus itu. Kami telah melakukan banyak uji coba pada ponsel itu seperti memasang piranti lunak kami di dalamnya. Tapi, kami hanya menggunakan ponsel pada umumnya, menghubungkan konektor USB ke ponsel dan meletakkannya di satelit," sebut Kepala Teknisi SSC, Chris Bridges, seperti dikutip BBC.


Pada fase pertama misi, satelit berukuran 30 cm dan berat 4,3 kg itu akan mencatat data-data manakala ponsel pintar menjalankan sejumlah aplikasi berbasis Android seperti medan magnetik di orbit, pengambilan gambar bumi dari ponsel, perekam tampilan layar ponsel sebagai bagian dari proses telemetri, dan uji coba suara di luar angkasa dengan speaker ponsel. Sedangkan fase kedua, ponsel pintar akan diuji untuk mengoperasikan satelit berbasis 3-CubeSat itu sehingga kemampuan komponen ponsel pintar untuk mengendalikan satelit nano dapat terdeteksi.


"Ponsel pintar sangat canggih dan menggabungkan sejumlah fitur utama yang terkait dengan satelit seperti kamera, koneksi radio, akselerometer, dan pemrosesan komputasi tinggi--hampir semua hal kecuali panel surya dan propulsi," sebut Tim STRaND.


Namun, ponsel pintar hanyalah salah satu teknologi yang digunakan satelit yang akan mengorbit 785 km di atas bumi selain alat sistem kontrol, navigasi, dan pemandu satelit yang dijalankan dari komputer berbasis Linux.
Disamping uji coba ponsel pintar di satelit, STRaND juga menguji coba teknologi propulsi Water Alcohol Resistojet Propulsion Deorbit Re-entry Velocity Experiment (WARP DRiVE) dan Pulsed Plasma Thrusters elektrik (PPTs) untuk satelit nano.

http://www.antaranews.com/berita/357475/ponsel-pintar-jadi-otak-satelit-nano-inggris

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Penemuan Besar yang Sengaja Dirahasiakan

  Matahari adalah pusat galaxy dan bumi bukanlah pusat tata surya! Dua statement dari Galileo ini sempat menjadi kontroversi pada zamannya karna pihak otoritas saat itu menganggap bahwa pernyataan tersebut adalah sesat. Kehidupan sang ilmuwan pun digerogoti dengan ketidak-tenangan akibat desakan dari pihak otoritas agar merubah pemahamannya agar sejalan dengan mereka. Kisah tersebut menjadi salah satu 'sejarah kelam dunia', dimana para ilmuwan yang notabenenya memiliki pengetahuan yang setidaknya lebih maju dan juga bersifat mempermudah kehidupan manusia 'pada umumnya' harus terbentur konspirasi dengan pihak otoritas yang secara samar - samar mencoba menutup mata kita semua terhadap semua hal tersebut. Kisah - kisah dibawah ini lebih pada menceritakan tentang para penemu - penemu yang tidak sempat terkenal, dimana memiliki mesin - mesin keren ciptakan mereka sendiri yang notabenenya bersifat untuk (lebih) menghemat umat manusia dalam mengkonsumsi bahan bakar

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Ponsel Nokia Termurah Cuma Rp 190 Ribuan

  Nokia telah meluncurkan ponsel untuk kalangan menengah ke bawah bernama Nokia 103. Perangkat ini diklaim NOKIA sendiri sebagai ponsel termurah saat ini dengan harga berkisar di angka 16 euro atau sekitar Rp 190 ribu. gambar Nokia 103 sendiri saat ini baru diumumkan keberadaannya untuk pasar Nigeria. Ya, dengan harga yang merakyat itu, jangan berharap dengan keberadaan fitur yang wah . Namun setidaknya bisa mengakomodir kebutuhan komunikasi si pengguna. Desain yang diusung Nokia 103 adalah candy bar alias ponsel batang. Ponsel ini memiliki lebar layar 1,36 inch dan display beresolusi 96×68 pixel. Perangkat dengan sistem operasti S30 ini bisa dioperasikan di jaringan frekuensi GSM 900 dan 1800. Meski sederhana, ia tetap dilengkapi fasilitas hiburan berupa FM radio, lampu senter dan fitur anti debu. Spesifikasi: Networks: GSM 900/1800 FM radio SMS with possibility to store up to 250 messages 3.5 mm audio jack and a 2.0 mm charger connector 800 mAh battery Series S30 operating system