Langsung ke konten utama

Cara Reset Factory di Android

 

Cara Reset Factory/Hard Reset di Ponsel atau Tablet Android agar kembali seperti awal pabrikan/kondisi saat pertama kali dibeli biasanya dilakukan ketika os android mengalami masalah misalnya Error sehingga os perangkat tidak berjalan normal, gagal booting, lupa pin/password, atau hanya ingin agar semua aplikasi, setting dan os benjadi seperti baru untuk tujuan di jual kembali.

Untuk melakukan Reset Factory atau Hard Reset di handphone ataupun Tablet berbasis Android caranya mudahnya ikuti langkah berikut

Cara Reset Factory di Ponsel/Tablet Android

  1. Pastikan Baterai dalam keadaan terisi penuh (setidaknya minimal 80% baterai tersisa), dan bila perangka masih bisa hidup, sebaiknya beck up semua data penting terlebih dahulu,
  2. Matikan Ponsel atau Tablet Android anda,
  3. Masuk ke recovery mode (Android system recovery) dengan cara Tekan dan Tahan secara bersamaan Tombol Power dan tombol memperbesar Volume (+) kurang lebih 5 detik sampai masuk ke mode Android system recovery,
  4. Arahkan seleksi pilihan ke menu “wipe data/factory reset” dengan menggunakan tombol volume (+) atau (-),untuk memulai proses Tekan tombol Home (Tombol Tengah).
    Reset Factory Handphone/Tablet Android
  5. Setelah proses selesai, Pilih lagi “wipe cache partition”, Tekan tombol Home untuk memulai proses
  6. Reboot ulang ponsel/tablet.

Catatan:
Untuk masuk ke recovery mode, pada beberapa jenis tipe dan merek perangkat Android mungkin saja berbeda, jadi untuk membantu, sedikit saya akan tambahkan beberapa cara untuk masuk ke Recovery Mode:

Ingat untuk masuk Recovery Mode, kondisi ponsel/tablet harus dimatikan terlebih dahulu

Cara Masuk Recovery Mode di Acer Android

  • Acer BeTouch E210:
    Tekan dan tahan tombol Memperkecil Volume + Camera + Power secara bersamaan
  • Acer Liquid Metal:
    Prosedurnya sama seperti Acer BeTouch E210

CROSS

Cara masuk recovery mode Cross AD350 Android:

  • Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME

Cara Masuk Recovery Mode CSL Android

  • CSL Blueberry Mi410:
    Tekan dan tahan tombol Memperbesar Volume + Memperkecil Volume + Power secara bersamaan dan tunggu sampai logo Robot Hijau Android muncul lalu tekan tombol Home.Cara ini juga berlaku untuk Axioo Vigo 410, Cherry Mobile Magnum HD A400, Huawei IDEOS X6, Motorola TRIUMPH, Olive Smart VS300, Spice CSL Mi 410 – Slim, Viewsonic Viewpad 4 dan WellcoM A99.
  • CSL Mi 320 Android: Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan

  • CSL Mi 700:
    Tekan dan tahan Memperbesar Volume + Memperkecil Volume + Power secara bersamaan

Cara Masuk Recovery Mode di Huawei

  • Huawei X3:
    Tekan dan tahan tombol Memperbesar Volume + Power secara bersamaan
  • Huawei X5:
    Prosedurnya sama seperti Huawei X3
  • Huawei Ideos S7 Slim
    Tekan dan tahan tombol Power + Mengecilkan Volume (-) secara bersamaan, sampai logo Ideos muncul di LCD. Setelah itu lepaskan tombol keduanya. Ideos S7 Slim akan berjalan sendiri (booting) dan tanpa meminta atau tanpa pemberitahuan tablet akan di-reset ke default pabrik (tampilan normal)

IVIO

 

  • IVIO DE88 Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.

Cara Masuk Recovery Mode di Samsung Android

  • Samsung Galaxy Y (Young) GSM:
    Tekan tombol Volume Up/Meperbesar Suara + HOME + Power secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:
    Matikan ponsel dan nyalakan lagi dengan menekan tombol Power, ketika muncul logo Samsung, segera tekan tombol VOLUME UP/ Memperbesar Suara sampai masuk ke recovery Mode. Jika tidak ada respond an handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.
  • Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Fit, Samsung Galaxy Gio dan Samsung Galaxy Ace:
    Tekan dan tahan tombol Home + Power secara bersamaan.
  • Samsung Galaxy 551:
    Tekan dan tahan tombol huruf T + tombol Power, Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol Panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.
  • Samsung Galaxy Pro:
    Tekan tombol huruf T + tombol Power Secara bersamaan
  • Samsung Galaxy W (Wonder):
    1. Matikan handphone,
    2. Tekan dan tahan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tenga) + Tombol Power secara bersamaan dan tunggu sampai keluar logo “Samsung”, setelah itu segera lepas ketiga tombol tersebut, dimulai dari tombol Power terlebih dahulu.
    3. Bila muncul logo Android > tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME). Bila tidak berhasil, matikan ponsel lalu ulangi lagi.
  • Samsung Galaxy Tab 7″ (P1000) / Tab 7 Plus (P6200):
    Matikan tablet lalu tekan dan tahan tombol Volume UP + Power secara bersamaan sampai layar menyala
  • Samsung Galaxy Note N7000

    Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut

untuk beberapa type dan merek Ponsel/Tablet Android lain yang tidak tertera diatas namun anda mengetahuinya, mungkin bisa menambahkan Cara Masuk Recovery Mode nya melalui kotak komentar guna membantu bagi yang membutuhkan.

 

http://techno.internetberitaku.com/handphone-gadget/cara-reset-factory-di-android/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Bencana yang Menenggelamkan Majapahit di Kitab Pararaton

Secara geologi, wilayah Majapahit berdiri di atas suatu kawasan rawan bencana geologi berupa letusan gunungapi, gempa, gunung lumpur, dan banjir. Pada masa Singasari dan Majapahit, bencana-bencana ini pernah terjadi melanda dua kerajaan tersebut, seperti tercatat di Kitab Pararaton. Penggalian arkeologi masih berlangsung dan telah menemukan beberapa lapisan bangunan Majapahit dan yang lebih tua yang terkubur lumpur lempung dan/atau sebagian material volkanik. Hal ini mengindikasi bahwa pada masanya peristiwa alam seperti letusan gunungapi atau gununglumpur pernah melanda area Majapahit. Kitab “Pararaton” yang ditulis seorang penulis tak dikenal pada tahun 1535 Saka (1613 M) walaupun ditulis pendek saja (sekitar 250 baris kalimat pada daun lontar) ternyata di sana sini memuat berita kejadian-kejadian bencana geologi (banyu pindah, gunung anyar, gunung jeblug, lindu) di area Kerajaan Singasari dan Majapahit di sekitar Kediri sampai Delta Brantas sekarang. Kitab ini memang kronik sejara

Ponsel Nokia Termurah Cuma Rp 190 Ribuan

  Nokia telah meluncurkan ponsel untuk kalangan menengah ke bawah bernama Nokia 103. Perangkat ini diklaim NOKIA sendiri sebagai ponsel termurah saat ini dengan harga berkisar di angka 16 euro atau sekitar Rp 190 ribu. gambar Nokia 103 sendiri saat ini baru diumumkan keberadaannya untuk pasar Nigeria. Ya, dengan harga yang merakyat itu, jangan berharap dengan keberadaan fitur yang wah . Namun setidaknya bisa mengakomodir kebutuhan komunikasi si pengguna. Desain yang diusung Nokia 103 adalah candy bar alias ponsel batang. Ponsel ini memiliki lebar layar 1,36 inch dan display beresolusi 96×68 pixel. Perangkat dengan sistem operasti S30 ini bisa dioperasikan di jaringan frekuensi GSM 900 dan 1800. Meski sederhana, ia tetap dilengkapi fasilitas hiburan berupa FM radio, lampu senter dan fitur anti debu. Spesifikasi: Networks: GSM 900/1800 FM radio SMS with possibility to store up to 250 messages 3.5 mm audio jack and a 2.0 mm charger connector 800 mAh battery Series S30 operating system